Click here for Myspace Layouts

Monday, November 28, 2011

Seorang Perantau yang sukses



     Untuk memenuhi tugas ISD saya.saya sengaja membuat sebuah wawancara dengan rekan saya yang bertemakan " Seorang Perantau yang sukses".Teman saya ini,memang umur nya agak beda jauh dari saya,kurang lebih 3 tahun dari saya.Teman saya ini bernama Toni dan dia Lahir di kota Kadipiro yogyakarta.Di desa nya tersebut dia tumbuh besar,di besarkan oleh kedua orang tua nya yang bernama Hartono(ayah),Isya nuraini(ibu).Dari kecil teman saya ini pintar sekali dalam bidang matematika dan minat nya dari kecil adalah menjadi seorang pengusaha kaya raya.Dia  pernah juara kelas berturut-turut dari kelas 1. Dia adalah perantau yang penuh ambisi dalam bekerja dan berusaha.Impian nya dia merantau ke jakarta adalah ingin menjadi usahawan yang lebih baik lagi.

Dan ini adalah biodata dari teman sukses saya ini :

Nama                       : Antoni Suryo Eko Prawiro
Jenis Kelamin           : Laki-Laki
TTL                         : Kadipiro,23 November 1989
Pendidikan Terakhir  : SMK Akuntansi
Status                      : belum menikah
Profesi                     : Pegusaha CV. Rama Nilon Plastik
Agama                     : Islam
Golongan Darah       : O

Berikut adalah wawancara saya dengan teman sukses saya Antoni Suryo

Saya : Dari mana anda berasal Pak toni?
Toni  : Saya berasal dari Kadipiro yang letak nya persis di yogyakarta,dan saya asli orang sana.Orang tua saya juga asli dari Jawa,.
Saya : Kapan anda pindah merantau ke jakarta untuk menjadi pengusaha?
Toni  : Saya pindah atau merantau ke jakarta sejak tahun 2008 setelah lulus dari SMK,dan saya membawa modal cukup besar untuk bisa menjadi seorang usahawan..awal-awalnya saya ragu untuk pergi ke jakarta,karena tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan,disamping itu saya sebagai orang kampung harus jauh lebih bisa menghadapi susah nya hidup daripada orang kota.Bersaing,berkompetisi untuk menjadi yang nomor satu.
Saya : Apa Motivasi anda untuk jadi seorang pengusaha muda?
Toni  : Motivasi saya,saya ingin membahagiakan keluarga saya yang pertama,yang kedua saya ingin membahagiakan istri dan anak2 bila saya menikah nanti, dan saya juga ingin menjadi orang yang berbeda dari yang lain nya.Tentu nya saya juga ingin menjadi orang yang bijaksana bagi mereka yang ada di sekeliling saya.
Saya : Apa sih Keinginan anda sejak dari kecil?
Toni  : Saya berkeinginan mempunyai sebuah usaha apapun itu dari kecil-kecilan dulu dari usaha plastik tentunya.Nah,klo sudah mempunyai modal besar saya mau membuat sebuah restaurant dan dan bengkel mobil besar di jakarta.Impian saya itu sudah saya pajang sejak kecil di ruang kamar saya,itu adalah foto dimana saya berfoto dengan seorang pengusaha terkenal yaitu Bakrie,dan saya pengen banget seperti beliau itu yang merintis usaha nya sejak kecil.mula-mula semua anggota keluarga saya tidak percaya bahwa saya akan menjadi seperti dia,dan malahan mereka menertawakan saya,jika saya tidak mungkin jadi seperti dia.
Saya : Apa yang anda lakukan pertama kali di jakarta sampai anda menjadi seorang perantau yang sukses besar?
Toni : Awal nya saya menetap di rumah saudara saya,dan selama menetap saya berusaha mencari usaha dengan mencari lapak buat usaha saya ini.memang cukup berat mencari tempat usaha yang cocok dengan bidang saya ini.saya harus mencari tempat yang strategis dan dapat di jangkau oleh para konsumen.Saya sempat di usir dan di caci maki oleh para pengusaha lapak karena menurut mereka saya bisa mendatangkan kerugian bila saya membeli lapak tersebut,.nah itulah hidup..penuh dengan usah dan kerja keras.
             Saya akhir nya mendapatkan tempat untuk usaha saya ini,saya mulai membuka kecil-kecilan dan lama kelamaan alhamdulilah berkembang dalam waktu kurang lebih setahun.Dengan bermodalkan uang hasil tabungan saya memberanikan diri untuk melakukan tender di pabrik,Alhamdulilah akhirnya tender saya di terima di pabrik tersebut yang bernama PT.Sara lee Indonesia.Sampai sekarang ini saya akhirnya bisa bekerja sama dengan PT tersebut,dan berkembang sangat pesat.Setelah kurun waktu 6 bulan saya memberanikan diri untuk membuat izin usaha agar bisa mendapatkan izin usaha apa saja,dan mendirikan CV. Rama Nilon Plastik dengan jumlah pekerja sampai puluhan orang.
Saya : Apa keinginan anda kedepan untuk usaha anda ini?
Toni  : Dalam waktu 5 tahun kedepan saya ingin merubah usaha ini menjadi PT dan sedikit demi sedikit saya mulai membeli Alat-alat pengolah plastik.Dan bila saya mendapatkan modal lebih,saya berniat untuk membuka sebuah bengkel mobil besar dan restaurant besar di jakarta.
Saya : Apa kesulitan anda pertama dalam usaha pertama kali ini?
Toni : Kesulitan nya adalah modal saya menjadi kecil semenjak saya di tipu orang aceh,orang aceh tersebut mengirimkan plastik kurang lebih 5 ton,ternyata sesampai kiriman tersebut datang ke jakarta barang tersebut jumlahnya kurang dari berat yang ditetapkan.barang tersebut hanya berkisar 2 ton.dari situ saya mulai stress dan hampir putus asa karena kesulitan modal.
Saya : Apa anda merasa nyaman tinggal di jakarta dan membuka usaha di sini?dan bagaimana sosialisasi anda dengan lingkungan?
Toni  : Tentu saja saya nyaman tinggal di sini karena dukungan dari warga setempat,di samping itu usaha saya di sini membuat lingkungan menjadi ramai..
Saya : Karena dari usaha ini anda mendapatkan modal.Apakah modal yang anda dapatkan sudah cukup?untuk apa saja modal yang anda dapatkan untuk kebutuhan sehari hari?
Toni : Ya.kadang saya merasa cukup,dan kadang saya merasa tidak cukup dengan modal itu.banyak kendala-kendala yang dating pada usaha saya ini seperti Alat nya rusak atau bahan nya tidak mencukupi.dari situ saya mulai mendapat kerugian sedikit,akibatnya modal saya menjadi berkurang dari yang di targetkan.Modal yang saya dapatkan itu digunakan untuk membeli bahan-bahan plastic,nilon dan bila dapat modal lebih saya akan membelikan alat-alat yang lebih mendukung lagi.
Saya : Apa sih motto hidup anda ini pak toni?
Toni  : Saya mempunyai motto dan motto saya itu adalah “Apa pun tugas hidup anda, lakukan dengan baik. Seseorang semestinya melakukan pekerjaannya sedemikian baik sehingga mereka yang masih hidup, yang sudah mati, dan yang belum lahir tidak mampu melakukannya lebih baik lagi.”
Saya : Terima kasih pak toni atas kesempatannya dalam wawancara ini..semoga kedepanya lancar dan sukses seperti yang diharapkan.
Toni : Ya,terima kasih kembali,sama-sama teman..




Ini adalah beberapa dokumentasi saya selama wawancara dengan rekan saya :


Ini adalah foto dia dengan rumah mewah nya

Ini adalah foto dia dengan usaha nya tersebut



Foto dengan salah satu pekerjanya

Dan ini adalah foto saya dengan rekan saya tersebut




Jika ada salah-salah kata mohon maaf yah.. :)

Terima kasih kepada para pembaca yang telah meluangkan waktu untuk membaca blog saya ini :)

1 comment:

  1. OK..SETIAP KITA DI HADAPKAN DENGAN PERISTIWA APAPUN, PANDANGLAH SEMUA ITU DAN TANGGAPILAH DENGAN PENUH KEYAKINAN KARENA ITU SEMUA TUHAN SEDANG BERKEHENDAK..

    FURUHITHO

    ReplyDelete